PENGARUH PERBANDINGAN BUAH BLACK MULBERRY DENGAN AIR TERHADAP KARAKTERISTIK SARI BUAH DAN AMPAS BLACK MULBERRY (Morus nigra)

FEBRI ARTANTO, 093020034 and Sumartini, DS and Yusman Taufik, DS (2017) PENGARUH PERBANDINGAN BUAH BLACK MULBERRY DENGAN AIR TERHADAP KARAKTERISTIK SARI BUAH DAN AMPAS BLACK MULBERRY (Morus nigra). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (7kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Mulberry merupakan tanaman pohon yang berbeda dari berry kebanyakan yang merupakan tanaman semak. Tinggi pohon mulberry sekitar 10-15 meter dan hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika. Mulberry atau yang dikenal juga dengan nama murbei adalah tanaman dari keluarga Moraceae berjenis Morus. Menurut BPPT, pada tahun 2005 terdapat 45.085,5 Ha lahan mulberry di Indonesia dan sekitar 9.000 hektar diantaranya terdapat di Jawa Barat. Tanaman mulberry memiliki banyak spesies, diantaranya Morus alba, Morus multicaulis, Morus nigra, Morus macroura, Morus cathayana, Morus indica, Morus canva, Morus Khunpai, Morus husan, Morus lembang. Maksud penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan air terhadap karakteristik sari buah dan ampas black mulberry. Tujuan penelitian adalah untuk menetapkan jumlah air yang tepat agar dihasilkan sari buah black mulberry dengan karakteristik terbaik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai jumlah air yang tepat dalam pembuatan sari buah black mulberry, sehingga dapat dihasilkan sari buah black mulberry dengan karakteristik terbaik. Buah black mulberry merupakan buah yang kaya akan kandungan air, lebih dari 80% adalah air. Buah black mulberry memiliki rasa yang cukup manis namun masam, rasa masam ini menandakan bahwa pada buah black mulberry terkandung vitamin C. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Penelitian pendahuluan yang dilakukan bertujuan untuk menentukan kandungan alami dari buah black mulberry yang akan digunakan pada penelitian utama, yang meliputi penentuan kadar air, penentuan kadar vitamin C, penentuan aktifitas antioksidan, dan penentuan kadar gula pada buah black mulberry. Penelitian utama terdiri dari rancangan perlakuan, rancangan percobaan, rancangan analisis, dan rancangan respon.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:15
Last Modified: 18 Mar 2021 05:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item