PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS, TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Agustinus, 114020116 (2016) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS, TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover SUP AGUS REVISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Screenshot_2017-01-10-09-37-51-095.jpeg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-1 EDIT.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-2 EDIT (2).pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA AGUSTINUS (3) (1).pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pasar modal sebagai sarana untuk memobilisasi dana yang bersumber dari masyarakat ke berbagai sektor yang melaksanakan investasi. Syarat utama yang diinginkan oleh para investor untuk bersedia menyalurkan dananya melalui pasar modal adalah perasaan aman akan investasinya. Para investor yang akan melakukan investasi dengan membeli saham di pasar modal dan akan menganalisis kondisi perusahaan terlebih dahulu agar investasi yang dilakukannya dapat memberikan keuntungan (return). Memperoleh return (keuntungan) merupakan tujuan utama dari aktivitas perdagangan para investor di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas terhadap return saham perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang periode tahun 2012-2014. Data diperoleh CMD (Indonesian Capital Market Directory). Jumlah populasi penelitian ini adalah 39 perusahaan dan setelah melewati tahap purposive sampling jumlah sampel menjadi 18 perusahaan. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya rasio profitabilitas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Sementara itu likuiditas dan solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan secara simultan profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham. Dilihat dari korelasi gandanya menunjukkan adanya hubungan yang sedang antara ketiga variabel bebas tersebut dengan return saham dan dilihat dari koefisien determinasinya ketiga variabel bebas tersebut memberikan pengaruh terhadap return saham sebesar 22,4% dan sisanya sebesar 77,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Profitabilitas,likuiditas, solvabilitas, dan return saham

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:45
Last Modified: 10 Jan 2017 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item