KRISHNA UMARO, 123040242 and Sandhika Galih Amalga, ds and Mellia Liyanthy, Ds (2017) Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Algorithm Design Pada Konsep Computational Thinking. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Cover_dll_123040242.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1_123040242.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak_123040242.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Computational Thinking (CT) merupakan sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran dan berperan penting dalam pengembangan aplikasi komputer serta dapat juga digunakan untuk pendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu. Dalam CT terdapat 4 kemampuan dasar yang salah satunya adalah Algorihm Design. Algorithm Design adalah kemampuan untuk mengembangkan strategi langkah demi langkah untuk memecahkan masalah. Algorithma Design sering didasarkan pada dekomposisi masalah dan identifikasi pola yang membantu untuk memecahkan masalah. Dalam ilmu komputer serta dalam matematika, algorithma design sering ditulis secara abstrak, memanfaatkan variable di tempat nomor tertentu. Pengajaran Berbantukan Komputer atau disingkat dengan CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan pengembangan dari pada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Pembuatan dilakukan dengan menggunakan metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mempunyai tahapan seperti concept, design, material collecting, assambly, testing, dan distribution. Tahapan concept dilakukan untuk mengidentifikasi perkiraan kebutuhan. Tahapan design dilakukan untuk pembuatan desain visual tampilan interface, storyboard, dan struktur navigasi. Tahapan material collecting dilakukan untuk pengumpulan bahan seperti image, animasi, audio, dan video. Tahap assambly dilakukan untuk pembuatan ilustarasi, audio, dan video, serta pemrograman. Tahap testing dilakukan untuk memastikan apakah hasilnya seperti yang diinginkan atau tidak. Tahap distribution dilakukan untuk membuat master file, pedoman penggunaan aplikasi, serta dokumentasi sistem. Penelitian ini menghasilkan model media pembelajaran bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun bagi pengguna yang tertarik mendalami dunia pemrograman dan informatika. Media pembelajaran berbasiskan multimedia interaktif yang berlandaskan permasalahan yang merupakan pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk mengajarkan proses belajar yang dilakukan secara interaktif. Kata kunci : Computational Thinking, Algorithm Design, Computer Assisted Instruction, Multimedia Development Life Cycle
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2017 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 08:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 08:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14316 |
Actions (login required)
View Item |