IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARANDISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENGINTERPRETASI TEKS ULASAN FILMPADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIADI SMK BSC BANDUNG KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIKA MELIA PURI, NPM. 148090013 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARANDISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENGINTERPRETASI TEKS ULASAN FILMPADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIADI SMK BSC BANDUNG KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
artikel jurnal Rika Melia Puri.docx

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya kemampuan siswa dalam menginterpretasi teks ulasan film. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1)Bagaimanakah kemampuan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung? 2)Apakah model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung? 3)Adakah perbedaan kemampuan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol? 4)Adakah perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas XI di SMK BSC Bandung? 5)Apakah kemampuan menginterpretasi teks ulasan film dan kemampuan berpikir kritis di kelas eksperiimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol?. Sedangkan hipotesis dari penelitian ini yaitu:1)Siswa kelas XI di SMK BSC Bandung mampu menginterpretasi teks ulasan film. 2) Model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung. 3)Ada perbedaan kemampuan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung pada kelas eksperimendankelaskontrol. 4)Ada perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas XI di SMK BSC Bandung.5)Kemampuan menginterpretasi teks ulasan film dan kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Kemampuan menginterpretasi teks ulasan film di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol. Pada kelas kontrol memiliki persentase kenaikan nilai kemampuan menginterpretasi teks ulasan film sebesar 11.71% dan pada kelas eksperimen sebesar 22,41%. Kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Pada kelas kontrol memiliki persentase kenaikan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar12,77% dan pada kelas eksperimen sebesar 34,36%. Model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI. Kata-kata kunci: model Discovery Learning, berpikir kritis, menginterpretasi teks ulasan film.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Jan 2017 02:49
Last Modified: 06 Jan 2017 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item View Item