Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Penumpang Angkutan Umum (Studi Kasus di PERUM DAMRI Cabang Kota Bandung)

ABDUL KARMAN, 123040303 and Caca Emile Supriana, DS and ANGGORO ARI NURCAHYO, DS (2016) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Penumpang Angkutan Umum (Studi Kasus di PERUM DAMRI Cabang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (513kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pelayanan angkutan umum yang baik, nyaman, dan lancar menjadi kebutuhan yang penting bagi penumpang pada saat menggunakan transportasi umum khususnya angkutan bus kota. Kebutuhan penumpang adalah memperoleh informasi tentang waktu operasional bus yang mudah untuk diakses oleh penumpang yang sedang menunggu angkutan umum di terminal dan di halte pemberhentian, serta memperoleh pelayanan transaksi pembayaran yang mudah dan nyaman untuk dilakukan. Oleh karena itu, Perum DAMRI yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan jasa angkutan penumpang harus dapat memenuhi kebutuhan penumpang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang Sistem Informasi Pelayanan Penumpang Angkutan Umum di Perum DAMRI cabang Kota Bandung. Analisis sistem yang sedang berjalan dilakukan dengan menggunakan konsep Work System Framework yang berfokus pada empat elemen dasar yang meliputi partisipan, informasi, teknologi, proses dan aktifitas. Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan metodologi SSADM (Structured Systems Analysis and Design Method) dengan fokus dari perancangan adalah proses pencatatan waktu operasional bus serta pelayanan transaksi pembayaran. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan purwarupa yang dapat mencatat dan menampilkan informasi mengenai waktu operasional bus kepada penumpang yang sedang menunggu angkutan umum baik di terminal maupun di halte pemberhentian, serta layanan transaksi pembayaran dengan penggunaan electronic ticket (e-ticket) sehingga dapat memberikan kemudahan dan kenyaman bagi penumpang angkutan umum. Kata kunci : Sistem Informasi, Pelayanan Penumpang, Angkutan Umum, Metodologi SSADM, Work System Framework, E-Ticket, Waktu Operasional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:08
Last Modified: 29 Dec 2016 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item