PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN AIR KAPUR DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK FRENCH FRIES UBI JALAR (Ipomoea batatas. L)

Hasnelly, DS and Ali Asgar 2, BPTS and Vega Yoesepa, TP (2014) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN AIR KAPUR DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK FRENCH FRIES UBI JALAR (Ipomoea batatas. L). Pasundan Food Technology Journal, 1 (2). pp. 141-151. ISSN 2356-1742

[img]
Preview
Text
Daftar Isi Volume 1 Nomor 2.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Volume 1 Nomor 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Cover Volume 1 Nomor 2.jpg

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://www.pangan.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi larutan air kapur yang digunakan sehingga dapat menghasilkan karakteristik French fries yang diinginkan serta manfaat sumberdaya lokal yakni ubi jalar sebagai bahan alternatif pembuatan French fries. Manfaat Penelitian diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa larutan air kapur dapat digunakan untuk menggantikan senyawa kimia yang relatif mahal dalam menjaga ketegaran jaringan sel tanaman selama pengolahan. Penelitian diharapkan dapat memberikan informasi tentang konsentrasi yang tepat dan lama perendaman yang dilakukan dari larutan air kapur sebagai bahan untuk menjaga ketegaran jaringan sel tanaman. Rancang percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancang acak kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3 sebanyak tiga kali ulangan yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Varibel percobaan terdiri dari Konsentrasi Air Kapur (K) yaitu (0%, 1,5%, 2,5%), dan Lama Perendaman (L) yaitu (15 menit, 30 menit, dan 45 menit). Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi air kapur yang bervariasi berpengaruh terhadap kadar air, kekerasan, tekstur, rasa dan tidak berpengaruh terhadap kadar pati, kadar serat, warna, kenampakan, aroma. Lama perendaman yang bervariasi berpengaruh terhadap kekerasan dan kenampakan French Fries ubi jalar dan tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar pati, kadar serat, warna, aroma, tekstur, dan rasa. Interaksi antara konsentrasi air kapur dan lama perendaman hanya berpengaruh terhadap kekerasan French Fries ubi jalar. Berdasarkan hasil uji organoleptik, analisis kimia dan fisika didapatkan produk terpilih yaitu konsentrasi kapur 2,5% dengan lama perendaman 15 menit.

Item Type: Article
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2014
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:52
Last Modified: 28 Dec 2016 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item