ALDIAN RAHMANTO, 123040037 and Sandhika Galih Amalga, ds and Erik, DS (2016) PEMBUATAN RHYTHM GAME PADA ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 (STUDI KASUS : GAME SYMPHONY ANGKLUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
Cover_dll_123040037.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak_123040037.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1_123040037.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Rhythm Game adalah genre dari game berbasis musik dimana pemain melakukan tindakan spesifik tertentu dalam menanggapi isyarat audio dan visual. Rhythm Game sering memfokuskan pemain mengalahkan kemampuan pengenalan, dibantu melalui pola visual yang sesuai dengan irama lagu. Polapola visual yang terdiri dari serangkaian note object yang muncul atau bergerak melintasi layar. Interaksi dengan note ini biasanya akan melibatkan tindakan tangan yang terjadi di daerah hit box, sebuah persiapan mendefinisikan area untuk interaksi. Dalam Rhythm Game non-touchscreen, tindakan tersebut mungkin menekan tombol, dalam skenario touchscreen, tindakan tersebut dengan sentuhan tombol lembut, didefinisikan sebagai tombol virtual yang berinteraksi dengan melalui ketukan, atau gerakan sentuhan, didefinisikan sebagai peristiwa yang berhubungan dengan persiapan mendefinisikan waktu dan garis properti. Kinerja pemain adalah tercermin oleh ketepatan waktu mereka, diukur dengan selisih waktu antara waktu sentuhan dan waktu yang diharapkan untuk note itu. Sudah banyak Rhythm Game di android yang bertema alat musik gitar, seperti Guitar Flash, bertema alat musik piano, seperti Piano Tiles, namun belum ada Rhythm Game yang bertema alat musik angklung. Angklung adalah alat musik bambu yang dimainkan dengan cara digetarkan. Suara yang dihasilkan adalah efek dari benturan tabung-tabung bambu yang menyusun instrumen tersebut. Angklung umumnya dikenal berasal dari daerah Jawa Barat. Oleh karena itu akan dibuat sebuah Rhythm Game yang bertema alat musik angklung pada android bernama Symphony Angklung menggunakan aplikasi Construct 2 yang akan diterapkan pada smartphone android. Pembuatan game menggunakan metode Game Architecture And Design, yang dibuat oleh Andrew Rollings dan Dave Morris. Tipe game ini adalah action game, dan genre game ini adalah Rhythm Game. Hasil dari penelitian ini adalah game yang bernama Symphony Angklung yang akan diterapkan pada smartphone android. Game ini berisi tantangan untuk menyelesaikan setiap ritme yang ada pada lagu di setiap stage. Kata Kunci : Rhythm Game, Construct 2, Game Architecture And Design.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 22 Dec 2016 07:39 |
Last Modified: | 22 Dec 2016 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14195 |
Actions (login required)
View Item |