PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENANGANAN INSIDEN PADA JARINGAN STUDI KASUS DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN

YUHSYAR HARIWIJAYA, 123040036 and Iwan Kurniawan, DS and Ferry Mulyanto, DS (2016) PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENANGANAN INSIDEN PADA JARINGAN STUDI KASUS DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover_dll_123040036.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_12340036.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040036.pdf

Download (27kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Insiden jaringan merupakan sebuah kejadian yang bisa menyebabkan interupsi atau pengurangan kualitas dari layanan IT. Dalam pengelolaan jaringan internet di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasundan bandung, salah satu proses yang mungkin terjadi adalah terjadinya sebuah insiden yang terjadi pada jaringan, dengan adanya Help Desk dan dukungan dari staf TI membuat insiden tersebut dapat di selesaikan, namun perkembangan pengguna tidak sejalan dengan perkembangan system yang ada saat ini, semakin banyak perangkat keras komputer dan jaringan yang ditangani berikut aplikasi system informasi yang di gunakan, memaksa agar waktu penanganan insiden dapat dimaksimalkan, serta tingginya ketergantungan kepada staff teknis tertentu, membuat dokumentasi mengenai menajemen insiden seperti SOP yang terstandar sangatlah penting. Pembuatan SOP penanganan insiden pada jaringan diawali dengan melakukan pengumpulan informasi dan analisis melalui penelaahan dokumen-dokumen, studi literature mengenai framework ITIL tepatnya di Service Operation 4.2. Analisis dilakukan untuk menyempurnakan proses dalam penanganan insiden yang sudah ada, setelah dokumen dibuat, langkah selanjutnya yaitu memverifikasi langkah-langkah dari dokumen tersebut, setelah langkah verifikasi selesai maka di lakukan penyusunan dokumen SOP untuk mengetahui penanganan insiden tersebut apakah sudah terpenuhi. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi SOP penanganan insiden pada jaringan berdasarkan kerangka kerja IT-IL versi 3 tahun 2011. Dokumen ini diperlukan untuk dijadikan standar atau acuan dalam penanganan insiden, mengurangi miskomunikasi antara pihak yang sedang menangani insiden, dan meminimalisir kesalahan dalam penanganan insiden. Selain itu dokumen SOP ini dapat memberikan kemudahan bagi pihak menajemen untuk mengukur pencapaian setiap aktifitas dalam penanganan insiden. Kata Kunci : SOP, framework ITIL, Manajemen Insiden.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 21 Dec 2016 06:17
Last Modified: 21 Dec 2016 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item