Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematis Serta Dampaknya Terhadap Disposisi Matematis Siswa SMP

NENI SUDIANI, NPM. 148060032 (2016) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematis Serta Dampaknya Terhadap Disposisi Matematis Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL NENI.docx

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis serta disposisi matematis siswa melalui pembelajaran discovery learning. Desain pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Margahayu, dan sampelnya adalah siswa SMP Negeri 3 Margahayu kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes tertulis, yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Tes kemampuan berpikir kritis matematis terdiri dari 5 butir soal dengan bentuk uraian. Sedangkan tes kemampuan berpikir kreatif matematis terdiri dari 5 butir soal uraian. Instrumen non-tes berupa skala disposisi matematis yang terdiri dari 40 item pernyataan, lembar observasi, dan wawancara. Data tes kemampuan berpikir kritis matematis dan kemamampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh dari pretes, postes, dan Gain baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Analisis secara kuantitatif dilakukan terhadap data tes kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menggunakan taraf signifikan  = 0,05. Berdasarkan deskripsi data, analisa data, dan pengujian hipotesis, dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori dilihat secara keseluruhan dan dilihat dari kemampuan awal matematika siswa (asor dan tinggi); 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori dilihat dari kemampuan awal matematika siswa tinggi; 3) Terdapat efek interaksi antara model pembelajaran dengan disposisi matematis ; Kata Kunci : Pembelajaran Discovery Learning; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; dan Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:04
Last Modified: 20 Dec 2016 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item