Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif serta Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Matematik Siswa SMA

Wulan Rachmayanti, NPM. 148060056 (2016) Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif serta Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Matematik Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL WULAN RACHMAYANTI (148060056).pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran ARIAS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIIA di SMA Alfa Centauri. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas XI MIIA. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran ARIAS dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kritis, berpikir kreatif, angket motivasi belajar, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang memperoleh pembelajaran ARIAS lebih baik daripada kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional (2) Kualitas peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang memperoleh pembelajaran ARIAS lebih baik daripada kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional (3) Tidak terdapat hubungan antara berpikir kritis matematik dengan berpikir kreatif matematik (4) Terdapat hubungan antara berpikir kritis matematik dengan motivasi belajar (5) Terdapat hubungan antara berpikir kreatif matematik dengan motivasi belajar (6) Penggunaan model pembelajaran ARIAS berdampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:49
Last Modified: 20 Dec 2016 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14168

Actions (login required)

View Item View Item