Rida Desnita Lutfitasari, NPM. 148060066 (2016) Implikasi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
artikel Rida.docx Download (41kB) |
|
Text
cover.docx Download (45kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (20kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya dan masih belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan pembelajaran biasa, ditinjau dari kemandirian belajar, berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mix Methods tipe Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Pasundan I Cianjur. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis, angket kemandirian belajar, lembar observasi dan hasil wawancara. Data yang digunakan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata Anova dua jalur (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional ditinjau dari kemandirian belajar berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. 3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya menggunakan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. 4) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kemandirian belajar , tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemandirian belajar, dan terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemampuan representasi matematis Kata Kunci : Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan representasi matematis, kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 19 Nov 2016 03:18 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14115 |
Actions (login required)
View Item |