Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif serta Kemandirian Belajar Matematis Siswa SMP Peneltian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 31 Bandung

Aisyah Amiawaty, NPM. 148060061 (2016) Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif serta Kemandirian Belajar Matematis Siswa SMP Peneltian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 31 Bandung. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari kekhawatiran peneliti dengan melihat kondisi siswa di sekolah tempat penulis mengajar dalam menghadapi pelajaran matematika di kelas siswa terlihat takut, bosan dan tidak bersemangat. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran matematika dan cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian dilakukan di kelas VII.A SMP Negeri 31 Bandung dengan banyak siswa 39 orang, 20 siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan (Plan), tindakan (action), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak empat siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuandiperoleh peningkatan baik aspek pengetahuan (cognitive), aspek sikap (afektif) dan aspek keterampilan (psikomotor). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif serta kemandirian belajar matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 31 Bandung. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pendekatan kontekstual, pemahaman dan berpikir kreatif serta kemandirian belajar matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:57
Last Modified: 18 Nov 2016 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item