PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

RIRIK RIA KARMILASARI, NPM. 148060055 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Ririk.docx

Download (27kB)

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa masih rendah dibandingkan, sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Giving Question and Getting Answer dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional; dan ingin mengetahui motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Giving Question and Getting Answer. Metode penelitian ini adalah eksplanatory sequensial dengan populasi seluruh siswa SMK Karya Nasional Sindangwangi kelas XI dan sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas tidak secara acak dari kelas XI di SMK Karya Nasional Sindangwangi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik, motivasi belajar menggunakan model Skala Likert dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model Giving Question and Getting Answer lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensioanal; sedangkan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model Giving Question and Getting Answer. Motivasi belajar siswa lebih baik pada kelas konvensional dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer . Kata Kunci: Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Kemampuan Pemahaman, Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:12
Last Modified: 08 Nov 2016 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item