Dwi Puji Budiarti, 085060068 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA PELAJARAN IPS TOPIK KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Langensari Kec. Lembang Kab. Bandung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
(i) caver skripsi dwi.doc Download (55kB) |
|
Text
(ii) LEMBAR PENGESAHAN DWIE.doc Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
(iii) LEMBAR PERNYATAAN.doc Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
(iv) motto dwi.doc Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
abstrak.doc Download (30kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dwie.doc Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Download (63kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (77kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (113kB) |
|
Text
BAB III.doc Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP dwi.doc Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan berpikir rasional siswa pada meta pelajaran IPS pada pada pokok skala peta, hal ini terlihat dari kemampuan berpikir rasional siswa yang hanya mencapai 34,37% artinya nilai rata-rata masih dibawah KKM yaitu 65, selain itu guru melaksanakan pembelajaran dengan cara konvensional yaitu menggunkan metode ceramah dan siswa mencatat. Penelitian ini ditunjukan pada penggunaan model cooperative learning tipe think pair share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengungkap bagaimana penerapan model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan berpikir rasional siswa pada pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model Hopkins dengan tiga siklus dan setiap siklus dilakukan satu tindakan, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Langensari Lembang Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan enam fase pembelajaran cooperative dan tiga tahap yaitu Think Pair Share menunjukan peningkatan aktivitas siswa, terlihat siswa sangat aktif dan senang belajar secara individu dan kelompok. Keseluruhan hasil tes kemampuan berpikir rasional siswa mengalami peningkatan rata-rata pada pra siklus 58,12 setelah melakukan siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,6 menjadi 66,72 kemudian setelah dilakukan siklus II mengalami peningkatan sebesa 8,91 menjadi 75,625 dan setelah dilakukan siklus III mengalami peningkatan sebesar 11,1 menjadi 86,72. Sedangkan kemampuan berpikir rasional siswa sebelum tindakan 34,37% setelah melakukan siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 53,12% dan dilanjutkan dengan melakukan siklus III mengalami peningkatan sebesar 34,38% menjadi 87,5%. Kata kunci: Cooperative Learning Think Pair Share, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional, Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 18:00 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 18:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14004 |
Actions (login required)
View Item |