Vina Febiani Musyadad, 095060217 (2016) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGENAI TOKOH-TOKOH KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di kelas V SDN Melong Asih 7 Kota Cimahi Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.rtf Download (1MB) |
|
Text
PENGESAHAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DFTR ISI.rtf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
ABSTRAK.rtf Download (43kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (168kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (532kB) |
|
Text
BAB III.rtf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB 4.rtf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
|
Text
BAB V, daftr pustaka.rtf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP JADI.rtf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Melong Asih 7 dengan subjek penelitian adalah kelas V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Pada penelitian ini peneliti mengambil materi mengenai tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia dengan model picture and picture dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Melong Asih 7 dengan jumlah 37 orang yang terdiri atas 20 laki-laki dan 17 orang perempuan, adapun instrument yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja peserta didik dan lembar evaluasi hasil belajar peserta didik. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar peserta didik menggunakan model picture and picture mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 26,4% , siklus II 67,6% dan siklus III 83,8%. Nilai rata-rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I nilai rata-rata sebesar 50,17 (kurang), pada siklus II nilai rata-rata sebesar 67,20 (cukup), pada siklus III nilai rata-rata sebesar 76,77 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model picture and picture pada pembelajaran IPS dalam materi tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS mengenai tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Oct 2016 17:00 |
Last Modified: | 29 Oct 2016 17:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13958 |
Actions (login required)
View Item |