PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SDN RIDOGALIH I KECAMATAN CIKANCUNG KABUPATEN BANDUNG

Rd. Y unianti R usmawarti, 085060083 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SDN RIDOGALIH I KECAMATAN CIKANCUNG KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
4 KATA PERSEMBAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I,II,III.IV,V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penggunaan media gambar pada pembelajaran sumber daya alam yang dapat diperbaharui untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Ridogalih I Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung” dilatar belakangi adanya kesulitan pada pemahaman konsep sis wa terhadapa pemebelajaran IPS, dimana guru hanya berperan sebagai penyampai informa si dan pembelajaran hanya terpusat pada guru dengan tidak menggunakan media sehingga tidak memotivasi siswa untuk terlibat aktif di da lam nya. Hal ini terlihat dari 50 jumlah siswa, baru 60% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (70). Maka peneliti berinisiatif untuk mencoba menggunakan media gambar pada pembelajaran melalui pendekatan kontekstual. Dengan pendekatan tersebut diharapkan p eserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran terhadap proses aktivitas belajar siswa serta peningkatan hasil pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar melalui pendekatan kontekstual terhadap materi sumber daya alam yang dapat diperbaharui di kelas IV SDN Ridogalih I Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Metode penelitian ini direncanakan dalam 2 siklus, y ang dimulai dari p embuatan RPP , penelitian, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan membuat refleksi pembelajaran. Penelitian ini berlangsung dari pertengahan bulan Juli sam pai awal bulan Agustus 2012. Objek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN Ridogalih I Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Apabila hasil penelitian yang dilakukan pada siklus pertama belum mencapai hasil yang sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan maka peneliti harus melanjutkan dengan peren canaan pada siklus selanjutnya. Has il penelitian ini dapat dilihat perolehan hasil rata – rata dari aktivitas siswa baik secara kelompok maupun individu pada siklus I pencapaian rata – rata yaitu sebesar 65,3 dan setelah dilaksanakan pada siklus II terjadi peningkatan dan memperoleh nilai r ata – rata sebesar 77,3 itu untuk aktivitas kelompok siswa sedangkan untuk aktivitas individu siswa pada siklus I yaitu 59,3 sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 89,3. Pada siklus ke II ini termasuk dalam kategori tinggi atau telah sesuai dengan KKM . Da ri hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan oleh peneliti selama melakukan penelitian di sekolah SDN R idogalih I K ecamatan C ikancung K abupaten B andung , yang telah dilaksanakan pada beberapa siklus memperoleh hasil yang sangat memuaskan, dimana telah terjadi peningkatan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar melalui metode pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS tentang sumber daya alam yang da pat diperbaharui mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran sumber daya alam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 18:46
Last Modified: 26 Oct 2016 18:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item