PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI DAN AKUNTABILITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Survey Pada 9 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Riky Dwi Putra R., 104020256 (2015) PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI DAN AKUNTABILITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Survey Pada 9 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembaran Pengesahan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kinerja KAP yang berkualitas sangat ditentukan oleh kualitas audit. Adanya pengaruh kompetensi, independensi dan akuntabilitas auditor menentukan kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi, independensi dan akuntabilitas auditor, kualitas audit serta mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi, independensi dan akuntabilitas auditor terhadap kualitas audit baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada auditor yang bekerja pada 9 Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung yaitu pada KAP. Abu Bakar Usman & Rekan, KAP. Drs. Gunawan Sudradjat, KAP Dr. H.E.R. Suhardjadinata & Rekan, KAP. A.F. Rachman & Soetjipto W.S., KAP. Prof. Dr. H. Tb. Hasanuddin, MSc & Rekan, KAP. Djoemarma, Wahyudin & Rekan, KAP. Drs. La Midjan & Rekan, KAP. Roebiandini & Rekan dan KAP. Dra. Yati Ruhiyati. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan auditor yang terdapat pada KAP yang berdomisili di Kota Bandung. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling berukuran 24 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif karena ada variabel yang akan dijelaskan dan ditelaah seberapa besar pengaruh dari variabel tersebut. Analisis data statistik menggunakan regresi linier ganda, korelasi ganda, koefisian determinasi, uji t dan uji F. Dari perhitungan koefisien determinasi korelasi sebesar 0,816. Ini menunjukkan bahwa pengaruh yang sangat kuat antara kompetensi, independensi dan akuntabilitas auditor terhadap kualitas audit. Berdasarkan olah data ketiga variabel mempengaruhi kinerja auditor dengan kepercayaan α = 5% dimana 0,05 ≥ Sig (0,005 ≥ 0,000) dan Fhitung ≥ Ftabel (13,268 ≥ 3,098). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penulis dapat diterima “kompetensi, independensi dan akuntabilitas auditor secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kualitas audit”. Selanjutnya hasil dari koefisien determinasi menunjukkan kompetensi, independensi dan akuntabilitas auditor secara simultan memberikan pengaruh sebesar 66,6% terhadap kualitas audit. Sedangkan sisanya sebesar 33,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Kompetensi, Independensi dan Akuntabilitas Auditor Terhadap Kualitas Audit.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2010
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 03 Oct 2016 15:18
Last Modified: 03 Oct 2016 15:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item View Item