PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA DI HOTEL GRAND AQUILA BANDUNG ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT DITOLAKNYA KEIKUTSERTAAN DALAM SERIKAT PEKERJA

ALI USMAN, NPM. 121000056 (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA DI HOTEL GRAND AQUILA BANDUNG ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT DITOLAKNYA KEIKUTSERTAAN DALAM SERIKAT PEKERJA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN DEKAN.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya organisasi pekerja dalam bentuk serikat pekerja adalah untuk melaksanakan salah satu hak asasi manusia yaitu kebebasan mengeluarkan pendapat dan berorganisasi. Namun, yang terjadi pada Hotel Grand Aquila Bandung adalah hak kebebasan untuk berserikat masih dilarang yang berujung kepada pemutusan hubungan kerja kepada pekerjanya, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Hotel Grand Aquila Bandung. Permasalahan yang terdapat dalam skripsi ini yaitu bagaimanakah perlindungan hukum bagi pekerja atas pemutusan hubungan kerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, bagaimanakah tanggung jawab Hotel Grand Aquila Bandung terhadap pekerja yang dikenai phk karena keikutsertaan dalam serikat kerja mandiri? Dan bagaimanakah penyelesaian hubungan industrial terhadap PHK yang dialami pekerja akibat keikutsertaan dalam serikat pekerja mandiri di Hotel Grand Aquila Bandung? Metode penelitian yang digunakan adalah spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pendekatan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Tahap penelitian terdiri dari penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan terdiri dari : bahan hukum primer. bahan hukum skunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan dan wawancara dan terakhir analisis data berupa deskriptif kualtitatif yaitu data yang dihimpun dengan cara diuraikan di atas, kemudian diolah dengan cara diseleksi, diklasifikasi secara sistematis, logis dan yuridis, guna mendapatkan gambaran umum untuk mendukung materi skripsi melalui analisa data kualitatif. Kesimpulan dalam skripsi ini yaitu setiap pekerja yang di PHK oleh pengusaha karena melakukan kesalahan berat sesuai dengan ketentuan Pasal 158 ayat (1) UU No. 13 Tahun 2003, harus disertai tiga syarat secara kumulatif. Syarat itu adalah bukti tertangkap tangan, pengakuan dari pekerja yang bersangkutan dan laporan pengusaha yang didukung 2 orang saksi, dalam Pasal 110 ayat (2) Dalam hal penyelesaian perselisihan hubungan industrial mengenai pemutusan hubungan kerja karena pekerja menjadi anggota dalam serikat pekerja mandiri di Hotel Grand Aquila Bandung dan Pihak pengusaha Hotel Grand Aquila Bandung telah terbukti menghalang-halangi atau memaksa pekerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Serikat Pekerja, Pemutusan Hubungan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Dokumen Unpas > 2012
Depositing User: Ramadhan S -
Date Deposited: 03 Oct 2016 12:13
Last Modified: 03 Oct 2016 12:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item