ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASCA KEBAKARAN PASAR DARI SISI PEDAGANG DAN MASYARAKAT (Studi Kasus: Pasar Panorama Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat)

Annisa Anindia Cahya Kamila, 124030051 (2016) ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASCA KEBAKARAN PASAR DARI SISI PEDAGANG DAN MASYARAKAT (Studi Kasus: Pasar Panorama Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
ANNISA ANINDIA CK - 124030051.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kebijakan relokasi pedagang pasca kebakaran dari sisi pedagang dan masyarakat dilihat dari sisi pendapatan para pedagang dan persepsi masyarakat mengenai kepuasan relokasi pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif yang didukung oleh analisis kuantitatif. Metode deskriptif digunakan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan dalam menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana dampak kebijakan relokasi pasar yang dirasakan oleh para pedagang Pasar Panorama Lembang dan Masayarakat sekitar, apakah kebijakan yang diberikan oleh pemerintah setempat memberikan dampak yang baik dan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan atau belum serta bagaimana persepsi masyarakat mengenai relokasi pasar. Metode analisis kuantitatif menggunakan uji beda bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan para pedagang Pasar Panorama Lembang sebelum dan sesudah relokasi Pasar pasca kebakaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya relokasi pasar sementara ini berdampak bagi pedagang dan masyarakat sekitar. Pendapatan para pedagang mengalami penurunan secara signifikan dibandingkan dengan sebelum relokasi. Pedagang dan masyarakat pun merasa kurang puas dengan kondisi pasar di lokasi saat ini. Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menyediakan lahan sementara bagi para pedagang lama maupun pedagang baru untuk tetap dapat berdagang. Pemerintah sebagai fasilitator untuk lelang proyek pasar yang kemudian nantinya dikelola oleh pihak swasta. Pemerintah telah menjalankan proses pembangunan pasar yang baru yang telah berjalan sekitar 10% dan mereka memastikan bahwa pasar tersebut akan siap ditempati dalam waktu 3 tahun kedepan dengan diprioritaskannya pedagang lama dengan dilengkapi surat-surat izin kepemilikan kios sebelumnya dan memberikan kemudahan dalam pembayaran tebus jongko baru. Kata Kunci : Relokasi, Pendapatan, Kebijakan Pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 29 Sep 2016 20:58
Last Modified: 29 Sep 2016 20:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item