PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN LASSWELL COMMUNICATION MODEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 52 BANDUNG (Studi Eksperimen Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 52 Bandung)

VANESSA RASSIA, 115050108 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN LASSWELL COMMUNICATION MODEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 52 BANDUNG (Studi Eksperimen Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 52 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK VANESSA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari matematika siswa banyak mengalami permasalahan. Hal ini di karenakan gurulah yang seringkali berperan aktif sedangkan siswa cenderung pasif dan kurang komunikatif. Dalam pembelajaran guru pun jarang memberikan motivasi kepada siswa sehingga siswa kurang semangat dalam belajar. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi matematis siswa rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang usaha pertamanya untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah pembelajaran Lasswell Communication Model. .Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh penerapan pembelajaran Lasswell Communication Model dalam pembelajaran matematika lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui apakah siswa bersikap positif terhadap penerapan pembelajaran Lasswell Communication Model dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 52 Bandung dan sampel penelitiannya adalah dua kelas yang dipilih secara acak yaitu siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMPN 52 Bandung. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Lasswell Communication Model lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 2) siswa bersikap positif terhadap penggunaan pembelajaran Lasswell Communication Model dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Lasswell Communication Model

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:02
Last Modified: 28 Sep 2016 19:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item View Item