TATANG TARYANA, NPM. 105010024 (2014) NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pelanggaran HAM di Kelas XI AUVI-3 SMK Negeri 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, kreativitas, dan siswa Proses pembelajaran PKn diperlukan adanya keaktifan, supaya siswa mampu mengembangkan pola pemikirannya sehingga dapat berpikir kreatif dan rasional. Salahsatu alternatif yang dapat dijadikan strategi belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay. Diharapkan dengan diterapkan model pembelajaran ini akan menumbuhkan kreativitas belajar siswa. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Penerapan Model Course Review Horay untuk Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn”. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada materi pelanggaran HAM di Kelas XI AUVI-3 SMK Negeri 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk pencermatan dalam bentuk tindakan terhadap kegiatan belajar yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Peneliti melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay dari mulai perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di XI AUVI-3 SMK Negeri 4 Bandung dengan objek penelitian sebanyak 30 siswa. Dimana siswa laki-laki berjumlah 26 siswa dan Siswa perempuan berjumlah 4 siswa. Hasil penelitian menunjukan siswa kelas di XI AUVI-3 SMK Negeri 4 Bandung sangat kreatif, antusiasme dan senang dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay. Hal ini dapat di lihat dari kenaikan persentase kreativitas belajar siswa. Pada tindakan awal memperoleh persentase 46,7% tergolong kategori cukup pada tindakan siklus I memperoleh persentase sebesar 55,8% tergolong kategori cukup, pada tindakan siklus II memperoleh persentase sebesar 82,3% tergolong kategori sangat baik dan pada tindakan siklus III memperoleh persentase sebesar 94,4% tergolong kategori sangat baik. Uji produk siswa pada tindakan awal memperoleh persentase sebesar 17%, pada siklus I memperoleh persentase sebesar 60%, pada siklus II memperoleh persentase sebesar 80% dan pada siklus III memperoleh persentase sebesar 87%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat menumbuhkan belajar siswa pada kelas XI AUVI-3 di SMK Negeri 4 Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2014 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 06:58 |
Last Modified: | 24 Mar 2016 05:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1313 |
Actions (login required)
View Item |