R. SELLY ANITA OKTAVIANI SOBANDI, 125010045 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pelanggaran HAM di Kelas XI MIA1 SMA Negeri 1 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI baru.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, dengan Media Pembelajaran Poster, Keaktifan, dan Siswa. Proses pembelajaran PPKn diperlukan adanya keaktifan agar siswa mampu mengembangkan pola fikirnya pada saat proses pembelajaran supaya tercipta suatu pembelajaran yang efektif, aktif dan menyenangkan. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Pembelajaran Poster untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas pada materi Kasus Pelanggaran HAM di XI MIA-1 di SMA Negeri 1 Lembang)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Lembang dengan menggunakan model problem based learning dengan menggunakan media pembelajran poster pada materi kasus pelanggaran HAM dan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PPKn dengan menggunakan model problem based learning dengan media pembelajaran poster. Permasalahan pokok dalam penelitian ini bahwa siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PPKn, hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan observasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data data yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan data hasil observasi penilaian RPP pertemuan I memperoleh skor sebesar 2,60, pertemuan II sebesar 2,70 dan pertemuan III sebesar 3,40 terjadi suatu peningkatan, pada data hasil observasi aktifitas guru pertemuan I memperoleh skor sebesar 2,50, pertemuan II sebesar 2,83 dan pertemuan III memperoleh skor 3,70 terjadi suatu peningkatan, persentase hasil aktifitas belajar siswa pertemuan I sebesar 64%, pertemuan II sebesar 71%, dan pertemuan III memperoleh skor 83% terjadi suatu peningkatan pada aktifitas belajar siswa, sedangkan persentase rekapitulasi nilai tes siswa pertemuan I sebesar 73%, pertemuan II sebesar 80% dan pertemuan III sebesar 90% terjadi suatu peningkatan dalam prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besar model pembelajaran problem based learning dengan media pebelajaran poster dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 19:55 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 19:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13086 |
Actions (login required)
View Item |