PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Kasus Pelanggaran HAM Kelas X IIS II SMA PGRI 1 Bandung)

RINI RATNA SARI, 125010018 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Kasus Pelanggaran HAM Kelas X IIS II SMA PGRI 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR Pustaka.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas X IIS II SMA PGRI 1 Bandung pada materi Kasus Pelanggaran HAM di mata pelajaran PPKn dan untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model Problem Based Learning. Permasalahan pokok dalam dalam penelitian ini yaitu peserta didik kurang semangat, kurang kemampuannya dalam belajar dan guru sering menggunakan metode ceramah, hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan observasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan validitas data. Berdasarkan data hasil observasi penilaian RPP pra tindakan mendapatkan presentase sebesar 40,00% siklus I 66,66% dan siklus II 83,33% dari data hasil observasi penilaian RPP pra tindakan ke siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, hasil observasi aktivitas guru pra tindakan 40,00%, 66,66% siklus I, dan 86,66% siklus II dari data hasil observasi aktivitas guru dari pra tindakan ke siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, sedangkan rekapitulasi nilai tes peserta didik pra tindakan 31,11%, siklus I 72,64 %, dan siklus II menjadi 82,00% dari rekapitulasi nilai tes pra tindakan, siklus I, dan siklus II terjadi suatu peningkatan kemampuan belajar peserta didik. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besar model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas X IIS II di SMA PGRI 1 Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:45
Last Modified: 27 Sep 2016 18:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item