UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODELDISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Halimun Bandung)

IIS SANTIKA SARI, 125060136 (2016) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODELDISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFPUS.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning ” dilatarbelakangi dengan permasalahan yang ada dilapangan dari hasil observasi awal Pendidik kurang mengerti cara membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pendidik kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, bahkan tidak jarang tidak menggunakan media saat pembelajaran. Kurangnya minat siswa dalam belajar dilihat dari siswa sering merasa bosan, jenuh, tak jarang s ibuk bermain, mengobrol, dan mengga ng gu teman ya ng sedang belajar karena penggu naan model pembelajaran yang mon oton dan tidak adanya pengguna an media. Hasil belajar rendah, dari beberapa tes yang diberikan ada beberapa siswa yang belum memenuhi KKM. Penel itian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SDN Halimun melalui model discovery learning . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Arikunto dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada minat belajar siswa pada siklus I mencapai 61 % mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81.3% . Sedangkan hasi l belajar siswa pada siklus I 53.3 % mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 90% Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi subtema perkembangbiakan tumbuhan. Saran yang diberikan hendaknya guru merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, memilih model dan media yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa agar pembelajaran dapat optimal. Kata Kunci: Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:24
Last Modified: 25 Jan 2017 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item