PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis) DAN KONSENTRASI PENGENYAL TERHADAP KARAKTERISTIK SOFT CANDY

TIA NANDA, 123020283 and Wisnu Cahyadi, DS and Tantan Widiantara, DS (2016) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis) DAN KONSENTRASI PENGENYAL TERHADAP KARAKTERISTIK SOFT CANDY. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Buah naga merupakan tumbuhan yang banyak memiliki manfaat. Selain daging buahnya, kulit buah naga dapat bermanfaat dalam produksi pangan sebagai pewarna makanan alami, karena kulit buah naga mengandung antioksidan salah satunya adalah antosianin. Penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan kulit buah naga yang berperan sebagai pewarna pada pembuatan soft candy dalam bentuk ekstrak. Metode penelitian yang digunakan terdiri atas penelitian pendahuluan dengan tujuan untuk menentukan ekstrak terbaik dengan tahapan sebagai berikut : trimming buah naga, pencucian, pemisahan kulit dan buah , pengecilan ukuran, penyaringan, evaporasi, dan dihasilkan ekstrak kental. Sedangkan pada penelitian utama dilakukan untuk menentukan konsentrasi ekstrak dan konsentrasi gelatin pada pembuatan soft candy dengan tahap pembuatan sebagai berikut : Pelarutan gula dan gelatin, pemanasan, pencampuran (sorbitol, asam sitrat dan ekstrak), pencetakan dan pendinginan. Metode Percobaan dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kombinasi perlakuan presentase penambahan ekstrak kulit buah naga merah sebesar 30% dan konsentrasi gelatin 14% adalah merupakan hasil terbaik dengan karakteristik : kadar air 28,80%, kadar gula reduksi 9,42%, kekerasan 6,28 mm/det/50g, kadar antioksidan 18746,85 ppm dan kadar antosianin 0,217 mg/L.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Sep 2016 16:00
Last Modified: 27 Sep 2016 16:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13025

Actions (login required)

View Item View Item