PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI SEKOLAH (Penelitian Tindakan Kelas II Semester I SD Negeri Sayuran 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

RIA APRIANI ISLAMIATI, 125060094 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI SEKOLAH (Penelitian Tindakan Kelas II Semester I SD Negeri Sayuran 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover PDF.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Sayuran 01 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Pada Subtema Hidup Rukun di Sekolah dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini didasari dari kurangnya rasa percayadiri siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran guru/peneliti, lembar penilaian angket respon siswa, lembar angket penilaian diri/antar teman sikap spiritual, angket penilaian diri/antar teman rasa percayadiri, lembar evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil belajar siswa yang pada pra siklus hanya 40% siswa yang dinyatakan tuntas, kemudian siklus I tidak mengalami peningkatan masih 40% siswa yang dinyatakan tuntas dan siklus II meningkat menjadi 84% siswa dinyatakan tuntas dari keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Hal itu tentu sudah melebihi target yaitu 80% siswa yang dinyatakan tuntas. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan sikap percayadiri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Percayadiri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 19:00
Last Modified: 26 Sep 2016 19:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12894

Actions (login required)

View Item View Item