WINDI SEPTIYANI, 125060257 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGENAI ALAT-ALAT PERNAPASAN PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pangguh Jl. Pangguh Kelurahan Ibun). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Pangguh kelurahan Ibun Kabupaten Bandung. Pembelajaran IPA di SDN Pangguh masih cenderung pada kemampuan teoritis saja dimana konsep-konsep yang diajarkan sekedar pengetahuan dan kurangnya pengaitan pelajaran terhadap perilaku nyata siswa dilingkungannya. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan melihat kenyataan di lapangan ditemukan beberapa masalah seperti siswa kurang aktif pada saat pembelajaran, dimana guru masih mendominasi kegiatan siswa. Masalah lain yang ditemukan oleh peneliti adalah kurangnya telti dan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran IPA, nilai hasil belajar siswa pada materi alat-alat pernapasan masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Maka untuk mengatasi masalah tersebut dipilih satu pendekatan pembelajaran yang dapat menciptakan pengalaman belajar bagi siswa, sehingga materi dimengerti dan dipahami siswa. pendekatan yang tepat dalam penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan sistuasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang ada kaitannya dengan topik IPA. Peneltian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Target penelitian dikatakan berhasil apabila 80% siswa mendapat kategori amat baik untuk ketelitian dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 70 pada mata pelajaran IPA. Pada siklus I ketelitian siswa mencapai 60% sedangkan hasil belajar siswa yaitu 63%. Pada siklus II ketelitian dan hasil belajar siswa meningkat yaitu 85% untuk ketelitian dan 85% untuk hasil belajar siswa. Dari hasil observasi disetiap siklusnya, siswa menujukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitia ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan ketelitian dan hasil belajar siswa pada materi alat-alat pernapasan di kelas V SDN Pangguh kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Sikap teliti, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 18:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 18:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12877 |
Actions (login required)
View Item |