PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI

Annissa Purnamasari E.K, 125060172 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI .pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning type Numbered Head together pada pembelajaran IPS materi Koperasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Batukarut II dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap jujur di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning type Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together yang terdiri dari 4 fase, yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama, menjawab. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian sikap jujur siswa, angket respon sikap jujur siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap jujur dan hasil tes belajar. Pada penilaian sikap jujur nilai rata-rata siklus 1 yaitu 66,84 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 79,23. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 69,39, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 80,06. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning type Numbered Head Together dapat meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SDN Batukarut II. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning type Numbered Head Together dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan materi yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning type Numbered Head Together, sikap jujur, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:42
Last Modified: 26 Sep 2016 15:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item