PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG KONSEP TUMBUHAN HIJAU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Loyang I Tahun Ajaran 2016/2017 Desa Loyang Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu)

ARIE WINDY DARUSMAN, 125060109 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG KONSEP TUMBUHAN HIJAU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Loyang I Tahun Ajaran 2016/2017 Desa Loyang Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Masalah yang terdapat dalam kelas peneliti yaitu minat dan prestasi belajar siswa yang rendah, karena guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dan kurang memberikan kegiatan yang menarik untuk siswa sehingga hasilnya siswa kurang tertarik untuk mengikuti mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran CTL yang bertujuan untuk melihat apakah hasil prestasi belajar IPA kel as V meningkat bila digunakan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN Loyang I Kecamatan Cikedung Kabuapten Indramayu, dengan populasi siswa kelas V berjumlah 34 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Ti ndakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan persentase prestasi belajar IPA pesertta didik kelas V dengan rata - rata nilai siklus I sebesar 66.17%, siklus II yaitu 80.88%. Selain itu pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM 60 hanya 28 peserta didik atau 82.35%, pada siklus II yaitu 33 peserta didik ata u 97.05%. Untuk perencanaan dan pelaks anaan tindakanpun mengalami peningkatan persentase, yaitu pada siklus I aktivitas peserta didik 82.14%, rencana pelaksanaan pembelajaran 92.5%, dan aktivitas pendiidk yaitu 95.16%. Sedangkan pada siklus II yaitu aktivitas peserta didik 96%, perencanaan pem belajaran 95% dan aktivitas pendidik 95%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL yang digunakan oleh pendidik sudah tepat. Terbukti dengan adanya peningkatan persentase pada setiap siklusnya. K ata Kunci: Model pembelajaran Contextual teaching And Learning (CTL), pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 18:54
Last Modified: 24 Sep 2016 18:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item