PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN Ciheulang 03 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017)

Aryani Sri Novianti, 125060071 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN Ciheulang 03 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Judul.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak BInggris.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Ciheulang 03, dalam kegiatan pembelajaran di kelas selama ini hanya berpusat pada guru yang dilakukan dengan menggunakan met ode ceramah dan pemberian tugas . Hal ini m enyebabkan sisw a cenderung pasif dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran yang membuat siswa aktif agar hasil belajar siswa meningkat. Salah s atu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Laerning dengan tipe STAD , yang merupakan pembelajaran dengan menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks belajar bagi siswa tentang cara bepikir kritis dan keterampi lan pemecahan masalah secara berkelompok heterogen (jenis kelamin, ras, suku, tingkat kecerdasan, dll) . Penelitian ini dilakukan di SDN Ciheulang 03 dengan subjek penelitian kelas IV, yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus , masing - masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dengan tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu dari 31% disiklus I menjadi 89% disiklus II. B erdasarkan hasil penelitian ini, terbukti bahwa penerapan Problem Based Learning dengan tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Penerapan model PB L dengan tipe STAD, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 15:09
Last Modified: 24 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12678

Actions (login required)

View Item View Item