PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MM (MAKE A MATCH) DILENGKAPI MEDIA LILIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ORGANEL SEL KELAS XI

ASSYAWALIA NURHAPITA, 125040162 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MM (MAKE A MATCH) DILENGKAPI MEDIA LILIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ORGANEL SEL KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yang menunjukkan hasil belajar siswa SMA PGRI Rancaekek yang masih rendah terhadap konsep organel sel. Hasil belajar siswa yang kurang pada konsep Organel sel d ikarenakan konsep sel bersifat abstra k siswa harus menggunakan alat bantu seperti mikroskop, gambar - gambar yang mendukung pemahaman konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep organel sel dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe m ake a match dilengkapi media lilin . Penelitian ini menggunakan metode pre - experimental design (nondesigns). Desain pada penelitian ini menggunakan desain one - group pretest - posttes design . Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data nilai pretest dan postest yang mana data tersebut terlebih dahulu diujikan kelayakannya, dikarenakan soal akan dijadikan alat ukur dalam penelitian. Instrumen yang diujikan berjumlah 20 soal objektif dan mempunyai 4 option jawaban. Berdasarkan hasil rekapitulasi, soal i nstrumen yang diambil sebanyak 15 soal dari 20 soal yang valid untuk dijadikan soal pretest dan postest . Uji hipotesis dilakukan dengan tujuan untuk mencari perbedaan pada nilai siswa setelah pembelajaran. Berdasarkan perhitungan dapat dilihat data pretes t dan posttest memiliki t hitung > t tabel (0,01) yaitu 12,63 > 2,75. Berdasarkan data pretest dan posttest peningkatan hasil belajar dalam penguasaan konsep bisa dilihat bahwa hasil pretest memiliki nilai rata - rata 42,25 dan posttest 74,6 . Hal ini menunjukkan peningkatan ha sil belajar dengan indeks gain s esebar 0,53 (sedang). Kata Kunci : Hasil Belajar, konsep Organel sel, Model kooperatif tipe make a match , Media lilin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 14:39
Last Modified: 24 Sep 2016 14:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12671

Actions (login required)

View Item View Item