SELVI AFTIANI, 125020072 (2016) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BLAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 4 DI SMA NEGERI 5 CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SELVI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Guru adalah figur manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pencapaian tujuan pendidikan.sedangkan motivasi merupakan hasil dari olahan guru supaya peserta didik giat dan fokus belajar. Rumusan masalahnya dalam penelitian ini yaitu Bagaimana kompetensi profesional guru dalam mengajar ekonomi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 5 Cimahi?Berapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa? kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya diantaranya mendidik, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Motivasi sebagai suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif kausal. Sugiyono (2012, h. 57) menyatakan bahwa asosiatif kausal. Metode asosiatif kausal adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Hubungan kausal adalah hubungan yang bersifat sebab akibat, jadi dalam penelitian ini terdapat variabel independen (yang mempengaruhi) dan dependen (dipengaruhi). Kompetensi profesional guru sebagai variabel independen (sebab) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel dependen (akibat). Berdasarkan latar belakang masalah, rumusan dan batasan masalah maka penulis memberikan hipotesis pada penelitian ini bahwa “Kompetensi Profesional Guru Besar Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 5 Cimahi”. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan data yang diperoleh diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 21,0 for Windows. Pengaruh kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar ditunjukan pada tabel 4.28 yaitu koefisien determinasi sebesar 62,5%. Hal ini menyatakan bahwa antara variabel X dengan variabel Y mempunya pengaruh 62,5% dan sisanya sebesar 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Saran buat Dalam penelitian pendidikan ini, penulis ingin memberikan beberapa saran kepada pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan skripsi dan penelitian ini, hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pihak-pihak yang memerlukan,yaitu buat sekolah agar lebih intens terhadap murid memberikan motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 18:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 18:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12575 |
Actions (login required)
View Item |