TRIAN MARTIN DAN ROBBY R MEKA DAN YENI DEWI CAHYANI (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK PADA KURSUS PIANO TINGKAT PRE BEGINNER 1 DI ELFA MUSIC SCHOOL KOPO BANDUNG (STUDI KASUS PADA PENGAJAR PIANO BAPAK DICKY DWI LESMANA). Trian Martin 12.6040025. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
cover skripsi pdf.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak pdf.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 skripsi trian pdf.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI trian pdf.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Trian Martin, NPM 126040025. “STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK PADA KURSUS PIANO TINGKAT PRE BEGINNER 1 DI ELFA MUSIC SCHOOL KOPO BANDUNG (STUDI KASUS PADA PENGAJAR PIANO BAPAK DICKY DWI LESMANA) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)bagaimana Strategi pembelajaran piano tingkat pre beginner 1 di EMS Kopo (Studi kasus pada pengajar piano Bapak Dicky Dwi Lesmana. (2) Bagaimana dampak dari strategi yang dipakai oleh Bapak Dicky Dwi Lesmana terhdadap siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini karena beberapa pertimbangan antara lain: (1) Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan permasalahan yang terkait dengan strategi pembelajaran musik pada kursus piano tingkat pre beginner 1 di EMS Kopo (studi kasus pada pengajar piano bapak Dicky Dwi Lesmana) (2) Penelitian ini lebih bersifat induktif, artinya peneliti berusaha mendeskripsikan permasalahan berdasar data yang terbuka bagi penelitian lebih lanjut; (3) Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang wajar dan mengutamakan data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang digunakan bapak Dicky Dwi Lesmana dalam pembelajaran piano tingkat pre beginner 1 terdapat 3 strategi yang dilakukannya pertama melihat kepribadian murid, kedua melihat kemampuan musikal muird dan yang terakhir memberikan kebijakan khusus untuk murid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Strategi yang digunakan Dicky Dwi Lesmana di EMS Kopo memperhatikan kepribadian murid, kemampuan musikal, kebijakan khusus dan dampak terhadap murid dalam materi yang dilihat dari progress report terbilang efektif dan baik. Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, disampaikan saran sebagai berikut: (1) sebagai pengajar sebaiknya perlu adanya dokumentasi berupa video pada saat proses pembelajaran, dengan tujuan mengetahui kekurangan dari setiap murid yang diajarkan lalu menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya. (2) Media pembelajaran ditambahkan, agar murid lebih terbantu dalam proses belajar piano
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 17:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 17:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12556 |
Actions (login required)
View Item |