SYEFIA AZIZIA MALIK, 125040167 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA SUB KONSEP DAUR ULANG LIMBAH DI SMAN 17 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang belum optimalnya penerapan penilaian autentik pada suatu sub konsep . Hal ini disebabkan karena guru kurang memahami penilaian autentik, guru lebih fokus menilai peserta didi k hanya dari ranah kognitif, sikap peserta didik yang kurang baik pada saat pro ses pembelajaran, kemudian kurang nya guru menggali keterampilan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pen erapan penialaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa pada sub konsep daur ulang limbah. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri 17 Bandung, yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, pakar kurikulum dan p akar penilaian autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan metode yang digunakan yaitu Pre - Eksperimental Designs (nondesigns), penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengad akan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian sikap untuk kerja, rubrik p enialian keterampilan produk, angket siswa, dan wawancara kurikulum 2013 dan penilaian autentik. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata sik ap peserta didik 88,23 termasuk kedalam kategori sangat baik dan nilai rata - rata keterampilan 88,62 termasuk kedalam kategori sangat baik . Maka dapat dikatakan mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa dalam p embelajaran biologi pada sub konsep da ur ulang limbah dapat m eningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Penilaian Autentik , Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan , Daur Ulang, Limbah, Daur Ulang Limbah, dan Optimalisas
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 14:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 18:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12527 |
Actions (login required)
View Item |