PERSEPSI GURU TETAP SMK NEGERI 10 BANDUNG TERHADAP KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

FIRDAN RAHMAN TAUFIQ, 125020027 (2016) PERSEPSI GURU TETAP SMK NEGERI 10 BANDUNG TERHADAP KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I awal.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II awal.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini Persepsi Guru Tetap SMK Negeri 10 Bandung terhadap Kompetensi Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tetap di SMK Negeri 10 Bandung terhadap kompetensi yang dimiliki guru mata pelajaran kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru tetap SMK Negeri 10 Bandung yang berjumlah 50 orang. Data kompetensi guru yang diteliti diperoleh dari penyebaran angket dan wawancara yang dilakukan kepada guru tetap dan guru kewirausahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian kompetensi guru kewirausahaan berada dalam kriteia baik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian menunjukan, terdapat rata-rata tafsiran persentase 79,3% menyatakan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kewirausahaan baik, rata-rata tafsiran persentase 82,9% menyatakan bahwa kompetensi kepribadian guru kewirausahaan juga baik, rata-rata tafsiran persentase 83,6% menyatakan bahwa kompetensi sosial guru kewirausahaan baik dan rata-rata tafsiran persentase 81% menyatakan bahwa kompetensi profesional guru kewirausahaan juga baik. Dari keempat rata-rata persentase tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional tergolong tinggi sedangkan untuk kompetensi pedagogik masih tergolong rendah. Hal ini menunjukan kemanpuan guru kewirausahaan dalam mengelola pembelajaran bagi peserta didik perlu ditingkatkan untuk mencapai kompetensi pedagogik yang tinggi. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar kepada setiap guru meningkatkan kompetensi yang dimiliki yang merupakan modal penting dalam melaksanakan tanggung jawab dan tugas sebagai pengajar dan pendidik. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:29
Last Modified: 23 Sep 2016 13:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item