FEBBY RAMDHANI PUTRA, 125030004 (2016) PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS CERITA BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GORDON PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran meringkas berkaitan dengan keterampilaan menulis dan menyimak. Salah satunya yaitu menulis teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon, yang menekankan pada konsep untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam memecahkan maslah. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden? (2) Mampukah siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden meringkas teks cerita biografi dengan tepat? dan (3) Efektifkah model pembelajaran Gordon digunakan dalam pembelajaran meringkas teks cerita biografi pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden; (2) siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu meringkas teks cerita biografi dengan tepat dan (3) model pembelajaran Gordon digunakan dalam pembelajaran meringkas teks cerita biografi pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden.Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,78 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,39 dan nilai rata-rata postes sebesar 3,17. Peningkatannya sebesar 1,78. c. Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 13,5, t tabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 24. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, meringkas teks cerita biografi, dan model pembelajaran gordon.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 15:39 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 15:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12396 |
Actions (login required)
View Item |