PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA KONSEP SEL

ARINI NURUL HAQ, 125040169 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK (indo).pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (inggris).pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakan gi oleh temuan dilapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa masih terbilang rendah, hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya penerapan strategi model atau pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru. P enelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan ha sil belajar siswa yang menggunakan m ultimedia berbasis Problem - based Learning dengan Metode Ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sel . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental . Populasi dari pen elitian ini adalah seluruh siswa kelas X I SMA Negeri 1 7 Bandung d engan sampel sebanyak dua kelas yang ditentukan dengan metode purposive sampling yaitu kelas X I Mipa 7 dan X I Mipa 6. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrumen d alam penelitian ini adalah test objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal . Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas berupa Chi - kuadrat (X 2 ), uji homogenitas berupa uji varian atau uji F, dan pengujian menggunakan uji t . Berdasarka n hasil analisis data hipotesis posstest menggunakan uji t - dipeoleh nilai t hitung = 2,76 dan tabel (0,01) = 2,67 pada taraf signifikan 1 % atau α = 0,01 menunjukkan t hitung > t tabel , yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai signifikan antara pembelajaran multimedia berbasis Problem - based learning dengan metode ceramah . B erdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multi media berbasis problem - based learning pada konsep sel dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Kata Kunci : Multimedia , Problem - based Learning , Metode Ceramah , Hasil B elajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:37
Last Modified: 23 Sep 2016 13:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item