PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN BERFIKIR KREATIF SISWA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Avni Mutiara Wijaya, NPM. 148060027 (2016) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN BERFIKIR KREATIF SISWA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Avni Mutiara Wijaya.docx

Download (70kB)

Abstract

Makalah ini merupakan temuan yang didapat dari sebuah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan berfikir kreatif serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Subjek sample dalam penelitian ini adalah 66 orang siswa dikelas VIII di SMP Negeri 1 Sukaluyu Cianjur. Instrument yang digunakan untuk mengukur variable-variable yang ada didalam penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir kritis, tes kemampuan berfikir kreatif, angket skala motivasi belajar siswa, lembar observasi dan wawancara sebagai data kualitatif yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran quantum teaching berbasis masalah kontekstual lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan berfikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran quantum teaching berbasis masalah kontekstual lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 3) Adanya dampak positif terhadap motivasi belajar siswa daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 4) Terdapat korelasi yang positif yang searah antara kemampuan berfikir kritis dengan kemampuan berfikir kreatif, kemampuan berfikir kritis dengan motivasi belajar, dan kemampuan berfikir kreatif dengan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Kemampuan berfikir kritis, kemampuan berfikir kreatif, motivasi belajar, dan pembelajaran Quantum Teaching berbasis masalah kontesktual

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Sep 2016 13:16
Last Modified: 15 Sep 2016 13:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item