PRA-STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI ADVANCED CERAMIC DI INDONESIA (STUDI KASUS : INDUSTRI ALUMINA INSULATOR)

BRAHMANA GIBRAN, 093010063 and Rizki Wahyuniardi, DS and Dedeh Kurniasih, DS (2016) PRA-STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI ADVANCED CERAMIC DI INDONESIA (STUDI KASUS : INDUSTRI ALUMINA INSULATOR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
01. TA Cover Dalam PASCA SEMINAR FIX OK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. TA Abstrak FIX OK Edit 2.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. TA BAB 1 Pendahuluan PASCA SEMINAR FIX OK ver.3.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Industri keramik Indonesia merupakan salah satu sektor unggulan yang telah berkembang baik selama lebih dari 30 tahun. Namun keberadaan industri advanced ceramic di Indonesia masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Advanced ceramic merupakan keramik yang diproses untuk keperluan teknologi tinggi, seperti isolator. PT. PLN (Persero), berencana untuk membangun dan mengembangkan sistem ketenagalistrikan di seluruh Indonesia. Isolator keramik yang dipergunakan saat ini pada instalasi listrik adalah isolator porselin. Berdasarkan pemaparan di atas, terdapat peluang pasar dan potensi yang tinggi untuk membangun industri isolator alumina di Indonesia. Penelitian ini dimulai dengan dilakukannya studi pendahuluan, identifikasi masalah serta perumusan masalah. Selanjutnya dilakukan pengkajian terhadap teori – teori yang berkaitan dengan penelitian. Pada tahap selanjutnya, ditetapkan asumsi pendukung yang dipergunakan untuk membantu proses pengumpulan data. Data yang telah diperoleh kemudian diolah untuk kemudian dianalisis kelayakannya dan dilakukan perancangan strategi dan rencana terhadap hasil analisis yang dipergunakan. Pada tahap terakhir, ditarik kesimpulan mengenai hasil dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, pembangunan industri isolator alumina di Indonesia memiliki nilai investasi yang layak. Lama pembangunan industri selama 2 tahun dan lama konsesi investasi selama 20 tahun. Besarnya nilai inflasi ≤ 5% dan besarnya bunga pinjaman bank ≤ 11%. Target pasar yang harus dicapai adalah 10% dari model kebutuhan yang diambil berdasarkan RUPTL PT. PLN tahun 2015 - 2024. Harga jual minimum dari produk isolator alumina adalah sebesar $6,25. Nilai parameter kelayakan yang diperoleh adalah NPV sebesar Rp. 1.527.264.753, 85 (NPV > 0) dan IRR sebesar 17,26% (dengan nilai MARR 16,5%). Payback period yang diperoleh adalah 6 tahun. Strategi yang dihasilkan dirancang berdasarkan skenario perhitungan kelayakan dengan nilai layak. Kata kunci: advanced ceramic, isolator alumina, perancangan strategi, studi kelayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 14 Sep 2016 12:37
Last Modified: 14 Sep 2016 12:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item