KAJIAN KONSENTRASI PELARUT ASETON DAN LAMA WAKTU MASERASI TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN KAROTENOID BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) SEBAGAI ZAT WARNA ALAMI

MELIA FAJAR JUNIARTI, 123020244 and Hasnelly,, DS and Yusman Taufik, DS (2016) KAJIAN KONSENTRASI PELARUT ASETON DAN LAMA WAKTU MASERASI TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN KAROTENOID BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) SEBAGAI ZAT WARNA ALAMI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Zat warna alami merupakan zat warna yang secara alami terdapat dalam tumbuhan maupun hewan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pigmen karotenoid adalah buah campolay dan pelarut aseton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan konsentrasi aseton dan lama waktu maserasi yang tepat serta interaksi antar keduanya agar dihasilkan pigmen karotenoid buah campolay yang baik. Metode yang dilakukan meliputi dua tahap, penelitian yaitu tahap satu penelitian pendahuluan, menentukan perbandingan yang tepat antara pelarut aseton dan buah campolay, tahap dua yaitu penelitian utama dilakukan dengan metode rancangan acak kelompok (RAK) dan menggunakan rancangan perlakuan yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor P (konsentrasi pelarut aseton) dan faktor M (lama waktu maserasi). Respon yang digunakan dalam penelitian pendahuluan adalah total rendemen dan kadar karotenoid total. Rancangan analisis yang digunakan dalam penelitian utama adalah respon fisika (total rendemen) dan respon kimia (kadar karotenoid total dan pengukuran pH) serta uji lanjutan terhadap sampel terpilih yaitu uji stabilitas pigmen karotenoid total. Hasil penelitian tahap satu, didapatkan perbandingan yang baik antara pelarut aseton dan buah campolay adalah 1:2. Hasil penelitian tahap dua menunjukkan interaksi antara konsentrasi pelarut aseton dan lama waktu maserasi tidak berpengaruh nyata terhadap respon fisika maupun respon kimia, sedangkan faktor konsentrasi pelarut aseton berpengaruh nyata terhadap total rendemen tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap pH pigmen karotenoid buah campolay, dan faktor lama waktu maserasi berpengaruh nyata terhadap kadar karotenoid total tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap pH pigmen karotenoid buah campolay. Sampel terpilih berdasarkan uji skoring adalah p 2 m 2 (konsentrasi pelarut aseton 80% dan lama waktu maserasi 4 hari) dengan total rendemen 21,08%, kadar karotenoid total 271,44 µg/g dan nilai pH 4,87. Hasil pengujian stabilitas menunjukkan bahwa pigmen karotenoid buah campolay tidak stabil terhadap suhu pemanasan tinggi, stabil terhadap suhu penyimpanan rendah, serta perlakuan suhu dan waktu penyimpanan tidak mempengaruhi nilai pH pigmen karotenoid buah campolay. Kata kunci : Pigmen karotenoid buah campolay, lama waktu maserasi, konsentrasi pelarut aseton.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 10 Sep 2016 14:45
Last Modified: 18 Mar 2021 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item