PENGARUH PERBANDINGAN PENAMBAHAN DAUN KATUK DAN LAMA PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FRUIT NORI PISANG (Musa paradisiaca formatypica)

AZIZAH AULIA RAHMAWATI, 123020230 and Ina Siti Nurminabari, Ds and Nana Sutisna Achyadi, Ds (2016) PENGARUH PERBANDINGAN PENAMBAHAN DAUN KATUK DAN LAMA PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FRUIT NORI PISANG (Musa paradisiaca formatypica). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik produk diversifikasi nori yang dibuat dengan bahan baku buah pisang menggunakan modifikasi penambahan daun katuk. Penelitian terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk menentukan tekstur fruit nori pisang yang terbaik untuk dijadikan acuan pada penelitian utama. Penelitian utama bertujuan untuk menentukan penambahan daun katuk dan lama pengeringan optimal untuk pembuatan fruit nori pisang. Penambahan daun katuk yang digunakan adalah 1 : 2 , 1 : 3, dan 1 : 4 dari puree pisang, sedangkan lama pengeringan yang digunakan adalah 12, 15, dan 18 jam. Respon penelitian utama mencakup respon kimia yang terdiri dari kadar air, kadar serat kasar, kadar protein dan kadar kalsium, serta respon inderawi terhadap warna, rasa, aroma, dan tekstur. Sampel terpilih dilakukan uji antioksidan dan persentasi penurunan kalsium. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sampel terpilih dari penelitian pendahuluan adalah sampel dengan formulasi tanpa menggunakan karagenan. Faktor perbandingan penambahan daun katuk berpengaruh nyata terhadap kadar protein serta atribut warna dari fruit nori pisang. Faktor lama pengeringan berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar serat kasar, kadar kalsium, dan atribut tekstur dari fruit nori pisang. Interaksi antara faktor perbandingan penambahan daun katuk dan lama pengeringan berpengaruh nyata terhadap kadar serat kasar fruit nori pisang. Sampel terpilih yaitu fruit nori pisang dengan perbandingan penambahan daun katuk 1 : 3 dan lama pengeringan 18 jam menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar 1.825,50 ppm dan penurunan kalsium selama pengolahan sebesar 22,43%. Kata Kunci : Fruit Nori Pisang, daun katuk, lama pengeringan ix

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 09 Sep 2016 18:53
Last Modified: 09 Sep 2016 18:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item