IMPLEMENTASI METODE KEAMANAN JARINGAN WIRELESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPDLC (Security Policy Development Life Cycle) (STUDI KASUS: HOTSPOT MH5 NETWORK)

MUCHAMAD HERRYANTO, 143040273 and Doddy Ferdiansyah, DS and Ferry Mulyanto, DS (2016) IMPLEMENTASI METODE KEAMANAN JARINGAN WIRELESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPDLC (Security Policy Development Life Cycle) (STUDI KASUS: HOTSPOT MH5 NETWORK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_143040273.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keamanan jaringan merupakan hal yang signifikan pada saat ini, khususnya keamanan jaringan pada wireless hotspot area. Keamanan jaringan wireless perlu mendapatkan penanganan khusus, dikarenakan sebagian besar ancaman/ threat yang menyerang jaringan berasal dari internal user jaringan hotspot itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengendalian akses terhadap setiap internal user yang terkoneksi ke jaringan. Tugas akhir ini memberikan solusi berupa metode keamanan wireless berupa aturan tertulis yang di selaraskan dengan pengaturan sistem, metode ini digunakan sebagai cara untuk mengendalikan akses internal user pada jaringan wireless. Dengan metode ini, terlebih dahulu internal user harus melakukan proses otentikasi pada metode keamanan area hotspot sebelum terkoneksi ke jaringan. Sehingga hanya internal user yang terotentikasi dan memiliki sistem yang complianced saja yang berhak mengakses jaringan sesuai otoritas akses yang dimilikinya. Melalui tugas akhir ini, dihasilkan kesimpulan bahwa untuk mencapai suatu keamanan jaringan wireless yang optimal diperlukan suatu koordinasi antara pengguna dan administrator serta aturan/rule atau otorisasi dalam penggunaan jaringan tersebut . Kata kunci : Metode, Keamanan, Wirelless, Hotspot, Jaringan, Security Policy Development Life Cycle.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 07 Sep 2016 18:54
Last Modified: 07 Sep 2016 18:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item