RIANA ANGRAENI PERMANA, 125020080 (2016) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK b inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I NEW.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II NEW.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Pasundan 3 Bandung”. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengupayaan sarana dan prasarana belajar SMA Pasundan 3 Bandung. 2) Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi kelas X 1 SMA Pasundan 3 Bandung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan studi kepustakaan dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh positif antara sarana prasarana belajar (X) terhadap keaktifan siswa (Y) pada mata pelajaran ekonomi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics 21.0 for Windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar sebesar Y = 8,931 + 0,522 X yang berarti setiap kenaikan satu poin Sarana dan prasarana belajar akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,522 poin pada keaktifan siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Sarana dan Prasarana Belajar) terhadap variabel Y (Keaktifan Siswa), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 59,4%. v Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah dan guru agar dapat memaksimalkan pengupayaan sarana dan prasarana belajar agar dapat meningkatkan keaktifan siswa dan memperlancar pelaksanaan program pengajaran. Kata Kunci : Sarana dan Prasarana Belajar, Keaktifan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 15:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 15:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11698 |
Actions (login required)
View Item |