PENGARUH MODEL PEBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

VARMITA SARI DEWI, 125050104 (2016) PENGARUH MODEL PEBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat terlihat dari kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh siswa, dan dapat terlihat dari perubahan sikap yang diperoleh setelah proses belajar mengajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Pasundan 8 Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung yang dipilih secara acak. Instrument yang digunakan adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian. Sedangkan skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran metematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan turunan fungsi dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Sep 2016 14:46
Last Modified: 07 Sep 2016 14:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item