RD. BILY PARANCIKA, 125030025 (2016) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DAN LP.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Bily.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Bily.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan untuk melatih keterampilan dalam berkomunikasi lisan. Membaca adalah suatu proses pembacaan sandi yang penulis buat untuk pembaca. Salah satu pembacaan sandi tersebut terdapat dalam pembelajaran menganalisis struktur teks eksplanasi kompleks. Membaca dalam menganalisis struktur teks eksplanasi kompleks merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengomunikasikan makna yang tersirat pada lambang-lambang tertulis. Salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah model creative problem solving. Model ini merupakan suatu model pembelajaran keterampilan dalam pemecahan masalah secara kreatif. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian penerapan model creative problem solving dalam pembelajaran menganalisis struktur teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran, kemampuan siswa kelas XI dalam menganalisis, dan menguji keefektifan model creative problem solving. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut sebagai berikut. a. Penulis mampu merencanakan, menerapkan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis struktur teks eksplanasi kompleks. Penulis mendapatkan nilai rata-rata untuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,91. Nilai tersebut termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas XI RPL 1 SMK 4 Bandung mampu menganalisis struktur teks eksplanasi kompleks. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan belajar dengan nilai posttest lebih besar dari nilai pretest yakni 75,56 ≥ 51,04. c. Model Creative Problem Solving efektif digunakan dengan pembuktian hasil perhitungan statistik dan taraf signifikansi pretest dan posttest, yaitu t sebesar 10,47 dan t tabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,06 artinya t hitung ≥ t tabel. Penulis simpulkan bahwa pembelajaran menganalisis struktur teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model creative problem solving menunjukkan keberhasilan dengan hasil yang sangat baik. Kata kunci: Membaca, teks eksplanasi kompleks, creative problem solving
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 18:05 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 18:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11639 |
Actions (login required)
View Item |