MOCH. ALDA RIFIRDAUS, 115040146 (2016) PENERAPAN METODE FIELD TRIP PADA MATERI POKOK PENANGANAN LIMBAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB II.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara di salah satu di salah satu SMK Swasta di Kota Bandung yang menunjukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa - biologi tergolong rendah dengan salah satu faktor metode pembelajaran yan g digunakan pada saat KBM membuat siswa jenuh dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah peningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Field Trip pada materi pokok penanganan limbah. Metode yang digunakan adalah meto de eksperimen ( Pre - Eksperimental Design ). Desain penelitiannya adalah One - Group Pretest - Posttest Design . Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI JB di salah satu SMK Swasta di Kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2015 - 2016, yaitu kelas X I JB 1 yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumennya berupa 20 soal pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan instrume n non - tes yang mengukur ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata pretest sebesar 49,97 dan rata - rata pottest sebesar 78,03. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji z dan diperoleh d engan hasil uji z signifikan, karena z hitung > z tabel sebesar 2,457 > 1,65. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran F ield Trip dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Field Trip Sedangkan, pada ranah afektif dan psikomotor diperoleh data rata - rata siswa memenuhi kriteria baik. Maka dapat dikatakan penggunaan metode p embelajaran Field Trip dalam pembelajaran IPA pada materi pokok penanganan limbah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Field Trip, Penangan Limbah.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 17:28 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 17:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11627 |
Actions (login required)
View Item |