N DESI RESMAYANT, 125020093 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU WIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Perilaku Wirausahaan pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Bandung (Studi kasus pada pembelajaran business plan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap perilaku wirausaha peserta didik kelas X RPL di SMKN 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Tek nik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisisen determinasi dengan me nggunakan program SPSS 22.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sam p ling kuota yaitu siswa kelas X RPL SMKN 4 Bandung semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemb elajaran kewirausahaan terhadap perilaku wirausahaan peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi antara variable X dan variable Y sebesar 0,419 hal tersebut menunjuk an bahwa terjadi hubungan yang rendah antara pembelajaran kewirausa haan terhadap perilaku wirausaha, regresi linier sederhana sebesar Y = 26,083 + 0,468 X, dan koefisien determinasi atau R 2 sebesar 17,5%. Hasil perhitungan rata - rata butir angket pada variable X yaitu sebesar 83,4% yang menunjukkan siswa seuju bahwa pembelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan perilaku wirausaha siswa. Hasil rata - rata tiap butir angket pada variable Y sebesar 82,20% yang menunjukkan siswa setuju bahwa indikator perila ku kewirausahaan merupakan salah satu indikator yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam berwirausaha. Sebagai akhir penelitian penulis menyampainkan saran kepada guru bidang studi kewirasahaan sebaiknya menerapkan pembelajaran kewirausahaan materi aja r business plan sebagai salah satu alternati f strategi untuk menumbuhkan motivasi dan menggali kreatifitas yang dimiliki peserta didik untuk meningkatkan perilaku wirausaha. Kata K unci: Pembelajaran Kewirausahaan, Perilaku Wirausaha
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 15:57 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 15:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11465 |
Actions (login required)
View Item |