IRVAN KURNIAWAN, 125040133 (2016) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LUMUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI IRVAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dengan metode Ceramah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub konsep Lumut, sedangkan bagi guru dan sekolah sebagai bahan pertimbangan alternatif untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dikelas serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kepeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subyek penelitian yaitu kelas VII-C dan VII-E di SMP Nusantara Bandung, subyek siswa masing-masing 24 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan instrumen penelitian berupa soal pre-test dan post-test. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan uji t dimana t hit 3,13 > 2,68 t tab dan berdasarkan nilai rata-rata antara Cooperative Learning Type Jigsaw yaitu 79 sedangkan metode Ceramah 72,6 pada konsep Lumut di SMP Nusantara Bandung. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Cooperative Learning Type Jigsaw berbeda dengan metode ceramah serta Cooperative Learning Type Jigsaw lebih baik dibandingkan metode Ceramah. Berdasarkan Indeks Gain yaitu 0,65 dapat ditarik kesimpulan kembali bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan Cooperative Learning Type Jigsaw dengan metode Ceramah termasuk ke dalam kategori sedang. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw, Metode Ceramah, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 14:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 14:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11392 |
Actions (login required)
View Item |