MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN IPS

TUNING MARDIYANTI, 125060003 (2016) MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran IPS tentang koperasi di kelas IV SD Negeri Lengkong. Penelitian ini didasari dari rendahnya partisipasi peserta didik sehingga berdampak pada prestasi peserta didik yang cenderung rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya keterampilan guru dalam memilih model, metode dan media pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengadaptasi model PTK Kemmis & Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here. Teknik evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil atau prestasi belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui partisipasi belajar siswa dan kinerja peneliti sebagai guru. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi peserta didik. Nilai partisipasi peserta didik mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Nilai partisipasi peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 19,87 pada kategori sedang. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 24,7 pada kategori tinggi. Pada hasil penilaian prestasi peserta didik juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh 73,07% ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II memperoleh 96,29% ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi peserta didik pada pembelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SDN Lengkong Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, dan dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran KTSP. Kata kunci: Metode Pembelajaran Everyone is A Teacher Here, Partisipasi dan Prestasi Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item