PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DELIKAN (Dengar, Lihat, dan Kerjakan) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SM K

ELSA DEWI PRATIWI, 1 2 50500 53 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DELIKAN (Dengar, Lihat, dan Kerjakan) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SM K. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT -.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (1) elsa.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Kenyataan dilapangan menunujukan bahwa pretasi belajar matematika siswa di Indonesia masih rendah. Menurut Wijana (dalam Herawati, 2006:4), salah satu penyebabnya adalah pengembangan kemampuan komunikasi disekolah - sekolah jarang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, pada setia p proses belajar mengajar matematika yang dilakukan harus memberikan kesempatan berkembangan nya kemampuan komunikasi siswa, salah satu alternatif pembelajarannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Delikan . Model pembelajaran Delikan ini merupakan mode l pembelajaran yang menerapkan k egiatan dengar, lihat, dan kerjakan untuk mencari solusi dari berbagai variasi soal dan jawaban yang menuntut kemampuan kognitif disert ai kebiasaan komunikasi siswa. T ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi siswa dan sikap dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Delikan . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Bandung, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas X TOI 1 dan kelas X TOI 2 SMK Negeri 4 Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi siswa dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah te s tipe uraian. Skala sikap berisikan pertanyaan - pertanyaan siswa mengenai soal - soal kemampuan komunikasi serta pendekatan pembelajaran yang digunakan. Tes diujikan terlebih dahulu terhadap 33 orang sisw a kelas X SMK Negeri 4 Bandung. Analisis data dilakuka n dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 22 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes B erdasarkan analisis data, komunikasi siswa yang memperoleh pem b e lajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Delikan lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selanjutnya siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Delikan mempunyai sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pem belajaran tersebut. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses belajar mengajar dikelas. Kata kunci : Model Delikan , Komunikasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item